Tips Memilih Bahan Kue Terbaik Agar Hasil Maksimal

Kue yang lezat yang ditawarkan di bakery atau toko kue sederhana dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik. Baker pun memperhatikan dengan baik komposisi bahan yang digunakan sehingga baik tekstur maupun rasanya terasa sempurna.

Sayangnya, meskipun telah mengikuti resep yang sama dengan yang diajarkan oleh baker ternama. Kue yang kita hasilkan tidak selezat atau sesempurna ciptaan baker. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh pemilihan bahan yang keliru. Meskipun sepele, nyatanya pemilihan bahan memiliki peranan yang penting terhadap kualitas rasa dan tekstur kue.

Tips Pilih Bahan Kue Untuk Kue Super Lezat

Membuat kue memang tidak mudah, bahan-bahan yang digunakan pun sangat beragam. Agar hasil kue yang dibuat bagus dan lezat, lakukan tips memilih bahan berikut ini:

tips memilih bahan kue
Kue dengan bahan terpilih
  1. Tepung Terigu

Membuat kue mungkin bisa dilakukan tanpa menambahkan telur, tapi rasanya cukup sulit bila tidak memakai tepung terigu. Untuk hasil kue kering terbaik pilih tepung terigu berportein rendah.

Sedangkan untuk kue basah pilih yang protein sedang. Dan untuk membuat roti yang enak, pilih tepung terigu berprotein tinggi. Beda dari bahan kue lainnya, tepung terigu lebih cepat beraroma busuk jadi harus ditempatkan di wadah yang kedap udara.

Simpan tepung terigu di  tempat yang kering, dingin serta sejuk agar terhindar dari bau tidak sedap. Atau cukup tambahkan arang yang sebelumnya sudah dibungkus kain bersih pada wadah terigu.

  1. Telur

Telur berfungsi sebagai pengikat adonan dan membantu melembabkan serta mengembangkan adonan. Sebelum membuat kue, pilih telur yang masih segar dan tidak berbau amis. Bila telur disimpan di dalam lemari es, jangan langsung menggunakannya. Tunggu selama beberapa saat hingga telur berubah suhunya menjadi suhu ruang.

  1. Lemak

Yang dimaksud dengan lemak adalah margarin, minyak atau mentega. Ketiganya merupakan bahan tambahan atau bahan olesan membuat kue. Dalam proses pembuatan pastry, kita cukup familiar dengan pemakaian shortening atau lemak korsvet yang nantinya akan menghasilkan lapisan kue yang renyah.

Dan karena margarin maupun mentega mudah berubah aromanya, beli bahan ini secukupnya saja. Usahakan untuk memakai mentega tawar saat membuat kue sehingga kita bisa menyesuaikan gulanya dengan selera.

  1. Pemanis

Ada dua pemanis yang umum dimanfaatkan saat membuat kue yakni madu murni dan gula. Gula yang digunakan pun jenisnya beragam ada gula palem, gula pasir maupun gula coklat. Simpan gula dalam satu tempat yang kedap udara terutama gula palem maupun gula coklat. Kedua gula ini teksturnya berbeda dari gula pasir yang lebih mudah menggumpal.

  1. Pengembang

Membuat kue tanpa menambahkan pengembang bisa menghasilkan kue yang bantet. Di Indonesia ada banyak jenis pengembang yang diproduksi, kita cukup pilih baking powder, emulsifier, baking soda, ovalet, SP, TBM dan VX sesuai kebutuhan. Saat memilih untuk memakai baking soda, pastikan untuk diayak lebih dahulu sehingga bubuknya tidak akan menggumpal.

  1. Pewarna

Jika ingin lebih sehat, ada baiknya memilih pewarna alami yang diperoleh dari buah maupun dedaunan. Sedangkan untuk pewarna buatan, kita bisa memilih pewarna cair, pasta maupun bubuk.

  1. Larutan

Membuat kue yang enak tentunya membutuhkan larutan yang tepat. Pada umumnya, baker akan menggunakan air putih atau susu sebagai larutan. Tapi sesungguhnya ada banyak jenis larutan yang bisa digunakan seperti yogurt, santan, jus buah, air buah bahkan minuman bersoda.

Dengan memperhatikan pemilihan bahan sebagaimana yang dijelaskan di atas, kita akan memperoleh kue yang lezat dan tentunya bertekstur lembut.

Pengalaman Membuat Kue Terindah

Cara Mudah Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi

Bolu kukus sejak dahulu menjadi salah satu kue pilihan terbaik untuk keluarga. Teksturnya lembut dengan rasa manis yang pas, cocok untuk dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tidak beda jauh dari kue bolu lainnya, bolu kukus juga memiliki variasi rasa dan tampilan.

Beberapa orang mungkin suka sekali dengan bolu kukus sederhana, namun yang lainnya lebih suka menikmati bolu kukus mekar. Tidak sedikit pula, orang yang rutin menyajikan bolu kukus pelangi untuk santapan keluarga atau menjamu tamu.

Tips Membuat Bolu Kukus Pelangi yang Lembut dan Mekar

Agar kue bolu kukus pelangi yang dibuat hasilnya bagus, baik dari segi rasa maupun visualisasi. Cobalah tips berikut ini:

  1. Kualitas Bahan

Sebelum membuat bolu kukus di atas, pastikan telah membeli bahan yang berkualitas. Mulai dari tepung hingga pewarnanya. Alangkah bijaksana jika melihat tanggal kadaluwarsanya.

  1. Peralatan

Makanan yang dibuat sendiri tentu lebih terjamin kebersihan dan kesehatan. Dan untuk menghasilkan kue bolu kukus higienis, hanya gunakan peralatan yang bersih. Jika sebelumnya belum pernah membuat kue bolus dan hanya menyimpan peralatan membuat kue di lemari, maka jangan ragu untuk membersihkannya terlebih dahulu.

  1. Cetakan

Memilih cetakan nyatanya bisa mempengaruhi kualitas dari kue bolu kukus yang dibuat. Jauh lebih baik bila memakai cetakan bolu kukus yang khusus dan memiliki lubang, ada baiknya pilih cetakan yang dibuat dari alumunium maupun bahan plastik.

Resep Rainbow Steam Cake

Warna yang beragam pada bolu kukus pelangi membuatnya tampak lebih menarik. Membuat rainbow steam cake memang memerlukan banyak adonan, tapi bukan berarti sulit untuk dibuat. Berikut ini resep lengkapnya:

Bahan-bahan:

  • 160 gram gula pasir
  • 130 gram tepung terigu
  • 1 sdt BP
  • 3 butir telur
  • 1 sdt SP
  • 115 ml santan (bisa diganti dengan 1 bungkus kara dicampur 50 ml air)
  • 1 sdt bubuk vanili
  • Siapkan berbagai pewarna makanan
  • Kertas roti

Olesan Loyang:

  • 1 sdm minyak
  • 1 sdm terigu
  • 1 sdm mentega

Cara Membuat:

  1. Setelah semua bahan siap, pertama-tama haluskan telur, gula pasir, sp, vanili bubuk dan bp dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Haluskan sampai adonan menjadi kaku.
  2. Setelah adonan cukup kaku, turunkan kecepatan sampai paling kecil baru tambahkan tepung terigu dan santan. Tambahkan keduanya bergantian sampai semua bahan habis. Kemudian, haluskan kembali dengan mixer.
  3. Bagi adonan dengan berat yang sama untuk kemudian diberi pewarna makanan yang berbeda. Pilih warna yang disukai. Umumnya warna merah, biru, kuning, hijau dan ungu yang dipilih.
  4. Saat semua adonan sudah siap, panaskan kukusan. Untuk mempercepat proses pembuatan kue bolu kukus pelangi. Siapkan kertas roti dan loyang.
  5. Tambahkan olesan loyang pada semua bagian loyang. Selanjutnya, tambahkan kertas roti dan oles kembali dengan olesan loyang sampai semua sisinya teroles merata.
  6. Untuk mendapatkan hasil bolu kukus pelangi yang cantik. Tambahkan adonan ungu ke dalam loyang secukupnya lalu kukus sekitar 6 menit. Setelah itu tambahkan adonan baru yang berwarna biru di atasnya dan kukus lagi dengan kisaran waktu yang sama.  Lakukan terus pada adonan warna lainnya, dan kukus kue selama 20 menit.
  7. Setelah adonan kuenya masak. Matikan kompor dan angkat loyang. Tunggu selama beberapa menit sampai kue mencapai suhu ruang baru keluarkan dari dalam loyang untuk disajikan.

Dengan mengikuti tutorial membuat kue bolu kukus pelangi sekaligus memperhatikan tipsnya, maka kue yang disajikan akan sesuai dengan ekspektasi awal.